Kagungan, dian and Yulianti, Devi S TRATEGI M EDIA B RANDING P ENGEMBANGAN S EKTOR P ARIWISATA K ABUPATEN P ESISIR BARAT SEBAGAI DESTINASI WISATA INTERNASIONAL. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik. ISSN 2714-7673
|
Text
document.pdf Download (632kB) | Preview |
Abstract
Fenomena yang terjadi pada masyarakat modern yakni mulai meningkatnya kegiatan wisata sehingga harus ada suatu strategi yang sesuai perkembangan zaman dan dapat dijadikan sebagai pengelolaan dan pengemban gan potensi pariwisata dengan memanfaatkan media digital sebagai media branding yang merupakan bagian dari sebuah komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategi media branding dalam mengembangkan sektor pariwisata di Ka bupaten Pesisir Barat sebagai destinasi wisata internasional, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi media branding dalam pengembangan sektor pariwisata, serta dampak adanya pandemi covid - 19 pada sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat. Jen is penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi media branding pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Pesisir Barat sebagai destinasi wisata internasional yakni peneta pan tujuan tahunan implementasinya masih minim karena belum terarah dengan baik begitupun dengan pemanfaatan media yang kurang massif dalam upaya mem - branding pariwisata; perumusan kebijakan yakni adanya surat keputusan tentang pembagian desa wisata; memo tivasi pekerja dengan upaya - upaya yang telah dilakukan seperti saling menyemangati, koordinasi, serta evaluasi dalam rapat atau ajakan secara pribadi; kurangnya alokasi SDM yang mumpuni di bidang IT. Selanjutnya faktor pendukung dan penghambat yang mempen garuhi dalam media branding tersebut yakni adanya peran masyarakat yang secara tidak langsung ikut serta dalam mem - branding potensi wisata yang ada juga terbatasnya SDM secara kualitas dan kuantitas serta kurangnya peran pemerintah. Kemudian dampak pandemi covid - 19 mengakibatkan adanya penurunan jumlah wisatawan serta batalnya event - event yang telah di persiapkan. Kata Kunci: Implementasi strategi, Media Branding, Era digi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | DIAN KAGUN |
Date Deposited: | 27 May 2021 02:30 |
Last Modified: | 27 May 2021 02:30 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/30734 |
Actions (login required)
View Item |