Utomo, Setyo Dwi and Edy, Akari and Pujisiswanto, Hidayat and Yuliadi, Erwin (2020) Peningkatan Pengetahuan Petani dalamMelakukan Grafting Ubi Kayu Sebagai Batang Atas dan Singkong Karet Sebagai Batang Bawah dan Inisiasi Kebun Bibit. Jurnal Sinergi, 1. pp. 80-85. ISSN XXXX-XXXX
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan kegiatan ini adalah: (1) meningkatkan pengetahuan petani, anggota kelompok tani mengenal cara graftingubikayu; (2). Memperkenalkan dan menginisiasi sentra produksi bibit ubikayu. Manfaat kegiatan ini adalah: (1) Peserta memahami teknik graftingubi kayu; (2) peserta terampil melakukan graftingubi kayu; (3) peserta dapat menginisiasisentra produksi bibit/benih ubikayu yang menyediakan setek ubikayu sepanjang tahun; (4) peserta menginisiasi sentra produksi ubikayu yang dipanen sebagai sayur di pekarangan dan sayur ubikayu dapat dipanen terus menerus sepanjang tahun. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan: (1) ceramah/diskusi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan petani; (2) praktek langsung grafting; (3) dan membuat demplot pada lahan seluas 2000 m2. Lahan demplot terletak di Kebun Kelompok Tani Subur Makmur Dusun Subing Puspa Barat Desa Rajabasa Lama Kec. Labuhan Ratu Kab. Lampung Timur. Lahan terletak ditengah perkampungan petani sehingga mudah dijangkau oleh petani untuk melakukan kegiatan pembelajaran tentang pengenalan dan inisiasi sentra produksi bibit ubi kayu melalui teknik grafting. Demplot sudah dan sedang dilaksanakan; petapetani terampil melakukan grafting; kebun bibit ubi kayu sudah diinisiasi sebagai produsen bibit vegetatif dan penghasil sayur daun. Kata kunci:Grafting, ubi kayu, petani, demplot.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agronomi dan Hortikultura |
Depositing User: | Prof. Setyo Utomo |
Date Deposited: | 24 May 2021 01:43 |
Last Modified: | 24 May 2021 01:43 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/30550 |
Actions (login required)
View Item |