Maulina, Dina and Rosidin, Undang and Distrik, I Wayan and Nyeneng, I Dewa Putu and Maharta, Nengah (2021) PELATIHAN ON GOING ASSESSMENT DAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BAGI GURU SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pengabdian Nasional, 2 (1). pp. 23-31. ISSN 2746-1742

[img]
Preview
Text
jur. pengabmas rizka.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.polinela.ac.id/index.php/JPN/articl...

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman dan keterampilan Guru tingkat SMA se-Bandar Lampung terhadap penerapan On Going Assessment dan instrumen penilaian berbasis HOTS; (2) Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru tingkat SMA se-Bandar Lampung dalam mengimplementasikan standar penilaian dalam Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah diskusi, tanya jawab, workshop, dan pelatihan dengan menerapkan strategi kontekstual, yaitu mengaitkan teori dengan praktik yang disampaikan dengan metode praktik terbimbing. Khalayak sasaran kegiatan pelatihan ini adalah 35 orang guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA se-Kota Bandar Lampung. Evaluasi keberhasilan pelatihan akan dilakukan pada: (1) Awal kegiatan, yaitu pre-test, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta pelatihan tentang on going assessment; (2) Akhir kegiatan, yaitu post-test, berisikan pertanyaan yang sama dengan tes awal, untuk mengetahui tingkat keberhasilan, sehingga dapat diterapkan oleh setiap peserta. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pelatihan on going assessment dan keterampilan berbasis Higher Order Thinking Skills sebanyak 27 peserta memperoleh hasil rata-rata 77,14% mengalami kenaikan nilai dari pre-test ke post-test. Sedangkan, sebanyak 3 peserta memperoleh hasil rata-rata 8,57% mengalami penurunan nilai pre-test ke post-test, dan sebanyak 5 peserta yang memperoleh hasil rata-rata 14,28% mengalami penilaian yang tetap dari pre-test ke post-test. Berdasarkan hasil perolehan tersebut pelatihan ini berhasil dikarenakan adanya peningkatan pengetahuan mengenai on going assessment dan keterampilan berbasis Higher Order Thinking Skills. Adapun sebagian kecil yang mengalami penurunan ini dikarenakan perbedaan jenis soal, yang mana pre-test berbentuk uraian dan post-test berbentuk pilihan jamak beserta uraian.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: DINA MAULINA
Date Deposited: 21 May 2021 01:07
Last Modified: 21 May 2021 01:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/30300

Actions (login required)

View Item View Item