Chrisnawati, Lili Pelatihan pembuatan LKS berbasis keterampilan proses sains dasar pada metode pembelajaran eksperimen. Dimas : Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan. (Submitted)

[img] Text
DIMAS manuscript Template_Lili Chrisnawati.docx - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran sains di tingkat sekolah dasar haruslah menekankan pada pengalaman belajar yang mampu melatih keterampilan proses sains dasar siswa. Guru sebagai fasilitator dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran sains yang dapat melatih keterampilan tersebut. Oleh sebab itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melatih guru-guru untuk membuat Lembar kerja siswa (LKS) yang dapat menstimulasi keterampilan proses sains dasar siswa dengan metode pembelajaran Eksperimen. Peserta pengabdian adalah guru sekolah dasar al-Karim lampung. Berdasarkan hasil observasi awal melalui pretes diketahui bahwa pengetahuan awal guru-guru terhadap keterampilan proses sains dan pembelajaran eksperimen di tingkat sekolah dasar masih rendah. Sebanyak 46,15% peserta menjawab dengan ketepatan ≤ 50%. Pretes dilakukan melaui platform Quizizz yang bertujuan mendorong guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Pelatihan diawali dengan pemberian materi tentang pentingnya melatih keterampilan proses sains siswa dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan LKS Berbasis keterampilan proses sains dasar pada metode pembelajaran eksperimen. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa peserta termotivasi untuk menciptakan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Biologi
Depositing User: Lili Chrisnawati
Date Deposited: 20 May 2021 07:34
Last Modified: 20 May 2021 07:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/30269

Actions (login required)

View Item View Item