Hidayatullah, Riyan (2020) Konvergensi paradigma pendidikan musik. In: Seminar Internasional Pendidikan Seni Tari & Musik “Local Character Forming in Performing Art”, 9 September 2020, Malang.
|
Text
PSTM2020-11.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
PSTM2020-11.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan musik merupakan produk budaya yang di dalamnya merepresentasikan nilai-nilai budaya. Menghadapi kemajuan teknologi, paradigma pendidikan musik harus bisa menyesuaikan dengan kondisi sosial yang ada. Studi lintas disiplin dan penerapan nilai-nilai budaya yang konvergen adalah bentuk dari keberlanjutan pendidikan di masa depan. Konvergensi paradigma dimaknai sebagai transformasi hubungan nilai-nilai yang merubah cara berpikir dan berperilaku seseorang. Pada awalnya teknologi merupakan entitas yang dipandang mengancam dan bersifat destruktif. Dalam pemahaman progresivisme teknologi selalu dipandang positif karena mengandung nilai kebaruan. Teknologi dan nilai kesadaran identitas merupakan hal yang penting dan positif. Keduanya harus bersinergi dan digunakan dengan cara-cara yang tepat. Melalui konvergensi paradigma pendidikan musik aspek kreasi dan apresiasi dapat dikembangkan menjadi lebih bermanfaat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik |
Depositing User: | Riyan Hidayatullah |
Date Deposited: | 04 May 2021 01:42 |
Last Modified: | 04 May 2021 01:42 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/29908 |
Actions (login required)
View Item |