Prof.Dr., Sudjarwo (2017) BIANGLALA SOSIAL & PENDIDIKAN. Pascasarjana Universitas Lampung. ISBN 978-602-61299-1-8

[img] Text
BIANGLALA SOSIAL.docx

Download (762kB)

Abstract

Mendidik merupakan usaha sadar manusia mengorganisir lingkungan menghubungkannya dengan peserta didik sehingga terjadi proses pembelajaran. Mengorganisir lingkungan adalah upaya sadar dengan melihat potensi lingkungan kemudian merespon peserta didik sehingga terjadi transformasi menuju pada terbentuknya proses pembelajaran (Sudjarwo:2009). Mengacu pada batasan di atas; maka dapat dikatakan bahwa proses penyelenggaraan pendidikan itu merupakan usaha sadar manusia dalam melakukan transformasi dari satu generasi ke generasi berikut. Proses trasformasi ini termasuk didalamnya adalah transformasi nilai, baik dalam arti yang universal, maupun yang bersifat artifisial. Nilai-nilai universal seperti kejujuran, menghargai perbedaan, adalah satu contoh sistem nilai yang harus diejawantahkan di dunia pendidikan. Demikian juga dengan nilai yang bersifat artifisial seperti; sopansantun dengan orang tua, guru, teman; adat istiadat setempat. Hal ini diperlukan karena kedua duanya merupakan panduan untuk perpaduan dari sistem nilai. Nilai-nilai universal dan artifisial ini seyogyanya sudah termuat dalam bahan ajar dari setiap jenis pembelajaran di Indonesia. Hal ini dapat kita simak dari pendapat Soedijarto (diunduh, Desember 2015) bahwa tujuan pendidikan yang selama ini dirumuskan dalam berbagai UU Pendidikan Nasional kita, akan terbaca betapa pendidikan nasional diharapkan mampu melahirkan manusia Indonesia yang; a.Religius dan bermoral b.Yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Keterampilan c.Yang sehat Jasmani dan Rohani d.Yang berkepribadian dan bertanggungjawab. Keempat karakteristik manusia tersebut hakekatnya bersifat universal dan dalam pengejawantahannya perlu adanya rumusan operasional untuk membumikannya. Namun dapat dipastikan bahwa peran kunci untuk membumikan nilai-nilai tersebut sebenarnya adalah guru, karena guru yang memiliki otoritas menggelar pembelajaran, baik di muka kelas, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Prof.DR SUDJARWO M.S
Date Deposited: 12 Jun 2017 07:33
Last Modified: 12 Jun 2017 07:33
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item