Sunyono, Sunyono and Efkar, Tasviri (2020) Kontrak & Laporan Penelitian: Desain Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Sosio-Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Efikasi Diri Siswa. Universitas Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
2020_Kontrak &Lap Penelitian_Terapan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakmampuan siswa dalam mengembangkan kemampuan literasi kimia disebabkan ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep-konsep ilmiah dari guru dan ketidaktercapaian pembelajaran dalam membangun pengetahuan konseptual siswa. Untuk itu, pembelajaran sains (dalam hal ini kimia) hendaknya tidak hanya menekankan pada pemahaman konsep saja, tetapi juga menuntut siswa agar mampu menerapkan konsep sains (kimia) dalam memecahkan masalah yang terkait dengan kehidupan sehari hari. Pembelajaran kimia akan lebih bermanfaat bagi siswa, jika yang diperoleh dari pembelajaran dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama terkait dengan aspek-aspek sains, budaya, moral, dan kasus lainnya atau isu-isu sosio-sains. Implementasi pembelajaran yang mengkaitkan dengan isu-isu sosio-sains (sosio saintifik) akan mampu melatih siswa mencapai decision-making (pengampilan keputusan). Pengambilan keputusan tersebut merupakan gambaran semakin meningkatnya efikasi diri siswa dan akan berdampak pada peningkatan kemampuan literasi kimia. Dalam upaya menciptakan pembentukan keyakinan diri dan literasi yang berkelanjutan (sustainable), maka dalam jangka pendek, penelitian ini akan difokuskan pada target khusus berupa desain pembelajaran berbasis isu-isu sosio saintifik yang meliputi tiga langkah (tahap), yaitu tahap pendahuluan (analisis kebutuhan), tahap pengembangan dan validasi, dan tahap implementasi (uji coba) hasil desain pembelajaran. Hasildari penelitian ini adalah (1) Desain pembelajaran kimia berbasis isu-isu sosio-saintifik telah berhasil dikembangkan ke dalam bentuk RPP, dan LKPD dengan tingkat validitas dan keefektivan yang tinggi; (2) Implementasi dalam pembelajaran materi reaksi reduksi dan oksidasi membuktikan bahwa desain pembelajaran kimia berbasis isu sosio-saintifk yang dikembang memiliki kepraktisan yang tinggi, ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran (RPP) dan respon belajar siswa maupun guru; (3) Desain pembelajaran kimia berbasis isu-isu sosio-saintifik memiliki tingkat keefektivan yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: SUNYONO
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:21
Last Modified: 22 Apr 2021 03:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/29571

Actions (login required)

View Item View Item