Sunyono, Sunyono and Hasnunidah, Neni and Suana, Wayan (2019) Kontak & Laporan Penelitian: Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Universitas Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
2019_Kontrak&Lap Penelitian_Prototype.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan khusus, yaitu pertama untuk menghasilkan LKS untuk pembelajaran IPA dengan model pembelajaran SiMaYang yang teruji valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dan tujuan kedua adalah untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan siswa mengenai LKS untuk pembelajaran IPA dengan model SiMaYang. LKS merupakan salah satu sarana belajar yang penting untuk membantu siswa dalam mencapai kompetensi dasar yang diharapkan di dalam proses pembelajaran. LKS memuat kegiatan-kegiatan mendasar yang harus dilakukan oleh siswa untuk memahami dan membentuk kemampuan dasar sesuai dengan indikator pencapaian. Sementara itu, model pembelajaran SiMaYang merupakan model pembelajaran yang menekankan pada interkoneksi tiga level fenomena sains, yaitu level submikro yang bersifat abstrak (proses), level simbolik (abstrak dalam bentuk simbol), dan level makro yang bersifat nyata dan kasat mata. Interkoneksi tiga level fenomena sains memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan pembelajarannya fokus utama yang menjadi sasaran adalah kemampuan peserta didik dalam menggunakan potensi berpikir tingkat tinggi yang dimilikinya melalui proses imajinasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang terdiri dari empat tahap utama, yaitu a) studi pendahuluan, b) perancangan produk, c) pengembangan produk, dan d) validasi produk. Pada penelitian pengembangan ini digunakan dua macam metode pengumpulan data, yaitu metode angket dan metode tes. Metode angket digunakan pada tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan produk sedangkan tes digunakan pada tahapan validasi produk. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif deskriptif dan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu telah dihasilkan produk berupa LKS dengan model Pembelajaran SiMaYang pada materi sistem ekskresi. Berdasarkan penilaian validasi dari dua validator perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dengan perolehan persentase kelayakan tiap aspek berturut-turut adalah 92,15% dan 87,5% sehingga LKS ini layak digunakan untuk pembelajaran IPA SMP menggunakan metode pembelajaran SiMaYang. Dari hasil ujicoba di kelas juga diperoleh bahwa produk teruji efektif dengan kategori sedang dan juga praktis, mudah, dan bermanfaat diimplementasi oleh guru dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: SUNYONO
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:20
Last Modified: 22 Apr 2021 03:20
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/29569

Actions (login required)

View Item View Item