Valensy Rachmedita, VR and Risma M Sinaga, RMS and Pujiati, P (2016) STRATEGI ACTIVE SHARING KNOWLEDGE DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPS dengan Tema "Membangun Karakter Kebangsaan Melalui Pendidikan IPS" pada 10 Desember 2016 yang Disellenggarakan oleh Program Studi Magister Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Lampung, 10 Desember 2016, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
PROSODONG 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan strategi active sharing knowledge. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi meliputi seluruh kelas VIII SMP Wiyata Karya Natar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi active sharing knowledge dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa (2) Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa menunjukan peningkatan secara signifikan dari sebesar 0% menjadi 85% (3) faktor pendukung penggunaan strategi ini adalah guru dan siswa (4) faktor menghambat siswa kurang memahami tahapan penggunaan strategi active sharing knowledge. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan strategi active sharing knowledge efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara optimal pada kelas VIII B SMP Wiyata Karya Natar Tahun Pelajaran 2015/2016 Kata Kunci: active sharing knowledge, berpikir kritis, pembelajaran IPS

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: active sharing knowledge, berpikir kritis, pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: PUJIATI P
Date Deposited: 07 Jun 2017 09:17
Last Modified: 20 Jul 2017 09:44
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item