Lisiswanti, Rika (2015) PENGARUH PETA PIKIRAN TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA KEDOKTERAN. In: IASHE 4 TH INTERNATIONAL CONFERENCE.
|
Text
Rika L.pdf Download (536kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang. Peta pikiran merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk belajar bagi mahasiswa kedokteran. Peta pikiran membantu mahasiswa untuk memproses informasi dan menyimpan informasi. Peta pikiran membantu mahasiswa membayangkan dan mengasosiasikan antara konsep. Peta pikiran bermanfaat dalam pemecahan masalah, berfikir kritis, mengingat kembali informasi, serta mengetahui keseluruhan konsep yang dipelajari serta digunakan sebagai penilaian. Tujuan Penelitian. Untuk melihat pengaruh peta pikiran terhadap pengetauan mahasiswa. Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun pertama angkatan 2014 kelas A sebanyak 115 orang. Kemudian Mahasiswa dibagi secara random menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok yang menggunakan peta pikiran dan kelompok tanpa peta pikiran pada pembelajaran penyakit dalam. Nilai pengetahuan yang diukur dengan MCQ mahasiswa yang menggunakan peta pikiran dibandingkan dengan tidak menggunakan peta pikiran dengan menggunakan uji t-test. Dilihat apakah p valuae < 0,05, maka perbedaannya signifikan. Hasil Penelitian. Uji beda dengan independent t-test antara pos tes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berbeda secara signifikan yaitu 0,00 p<0,005. Nilai pos tes kelompok kontrol lebih tinggi dibanding kelompok eksperimen. Kesimpulan. Mahasiswa yang menggunakan peta pikiran menunjukan rata-rata nilai mcq yang lebih rendah secara bermakna dibandingkan mahasiswa yang mendapat pengalaman belajar tanpa menggunakan peta pikiran. Keyword: mind mapping, mahasiswa kedokteran, pengetahuan
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | dr., MMedE Rika Lisiswanti |
Date Deposited: | 02 Jun 2017 20:52 |
Last Modified: | 02 Jun 2017 20:52 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/2894 |
Actions (login required)
View Item |