Sutiarso, Sugeng (2020) Optimalisasi Penggunaan Papan Tulis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In: Seminar Nasional Pendidikan Ke-3 FKIP Unila, Dies Natalis FKIP Unila, Bandar Lampung, Indonesia.
|
Text
PROSIDING_6 Sugeng Sutiarso.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Papan tulis merupakan media pembelajaran utama di kelas. Umumnya papan tulis digunakan guru untuk menjelaskan materi pelajaran, menggambarkan grafik, atau melakukan evaluasi/tes. Seiring perkembangan teknologi, seringkali papan tulis dianggap kuno dan ‘remeh’ manfaatnya. Banyak sekolah/universitas telah mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan papan tulis dan menggantinya dengan media pembelajaran yang lebih modern, seperti LCD dan TV. Padahal beberapa fungsi papan tulis ada yang tidak dapat digantikan oleh media modern lain. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan papan tulis dilakukan dengan benar dan tepat akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Makalah ini merupakan kajian dari beberapa studi/ penelitian (meta-analisis) tentang cara mengotimalkan penggunaan papan tulis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SUGENG SUTIARSO |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 01:40 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 01:40 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/28566 |
Actions (login required)
View Item |