Haenilah, Een Yayah and Fuad, Muhammad and Riswandi, Riswandi and Surahman, Maman (2018) Membangun Kurikulum PGSD yang Berelevansi Dengan Kurikulum SD Melalui Model University-School Based Curriculum (UsBec). In: Proceedings Nasional dan Kongres HIPKIN: Kurikulum di Era Digital (Konsep, Desain, dan Implementasi Kurikulum di Era Disruptif ) 2018 ISBN: 9786021439067.

[img]
Preview
Text
Prosiding 2018.ok.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploa...

Abstract

Mengembangan kurikulum model UsBec merupakan salah satu upaya yang memudahkan lulusan PGSD beradaptasi dengan tuntutan pengembang kurikulum SD. Mata kuliah yang dirancang dengan model UsBec meliputi (1) Pembelajaran IPA SD, (2) Pembelajaran IPS SD, (3) Pembelajaran Matematika SD, (4) Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, dan PPKn. Mata- mata kuliah tersebut dirancang secara interdisipliner tetapi tidak menghilangkan ciri keilmuannya (body knowledge). Model UsBec memiliki memudahkan mahasiswa untuk menguasai (1) konsep secara mendalam, (2) pemahaman konsep secara luas, (3) melihat keterhubungan antar disiplin ilmu, dan (4) membangun konten pedagogic yang menyatu dengan struktur konten akademik. Dampak pengiring model UsBec (1) Membangun sikap kolaboratif pada mahasiswa , (2) Membangun sinergitas antara LPTK dengan SD, (3) Membiasakan sikap toleran, bekerjasama, dan disiplin pada mahasiswa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: MUHAMMAD F MUHAMMAD FUAD
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:35
Last Modified: 09 Aug 2021 04:01
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/28170

Actions (login required)

View Item View Item