Haenilah, Een Yayah and Fuad, Muhammad and Riswandi, Riswandi and Surahman, Maman (2018) Membangun Kurikulum PGSD yang Berelevansi Dengan Kurikulum SD Melalui Model University-School Based Curriculum (UsBec). In: Proceedings Nasional dan Kongres HIPKIN: Kurikulum di Era Digital (Konsep, Desain, dan Implementasi Kurikulum di Era Disruptif ) 2018 ISBN: 9786021439067.
|
Text
Prosiding 2018.ok.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mengembangan kurikulum model UsBec merupakan salah satu upaya yang memudahkan lulusan PGSD beradaptasi dengan tuntutan pengembang kurikulum SD. Mata kuliah yang dirancang dengan model UsBec meliputi (1) Pembelajaran IPA SD, (2) Pembelajaran IPS SD, (3) Pembelajaran Matematika SD, (4) Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, dan PPKn. Mata- mata kuliah tersebut dirancang secara interdisipliner tetapi tidak menghilangkan ciri keilmuannya (body knowledge). Model UsBec memiliki memudahkan mahasiswa untuk menguasai (1) konsep secara mendalam, (2) pemahaman konsep secara luas, (3) melihat keterhubungan antar disiplin ilmu, dan (4) membangun konten pedagogic yang menyatu dengan struktur konten akademik. Dampak pengiring model UsBec (1) Membangun sikap kolaboratif pada mahasiswa , (2) Membangun sinergitas antara LPTK dengan SD, (3) Membiasakan sikap toleran, bekerjasama, dan disiplin pada mahasiswa
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Depositing User: | MUHAMMAD F MUHAMMAD FUAD |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 04:35 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 04:01 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/28170 |
Actions (login required)
View Item |