Rosidin, Undang and Viyanti, Viyanti (2011) Pengembangan Rubrik Keterampilan Berpikir Kreatif Sebagai Asesmen Kinerja Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Di SMA. In: Seminar Nasional Pendidikan 2011 "Asesmen Otentik dalam Implementasi Pembelajaran Aktif dan Kreatif", 29-30 Januari 2011, FKIP Universitas Lampung.

[img] Text
view_usp=sharing - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1j_H1T6eZ9z3uEGSUT...

Abstract

Penilaian kinerja sebagai upaya untuk mengintegrasikan kegiatan pengukuran hasil belajar dengan keseluruhan proses pembelajarannya untuk menilai keterampilan berpikir kreatif siswa diperlukan suatu asesmen autentik diluar asesmen Paper and pencil test yaitu asesmen kinerja dalam menerapkan asesmen kinerja diperlukan rubik sebagai pendamping asesmen kinerja rubrik asesmen kinerja tersebut dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru untuk menilai tiap keterampilan berpikir kreatif siswa nya penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan kinerja penilaian kinerja didamping oleh didampingi oleh rubrik yang telah dikembangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan berpikir kreatif yang muncul pada siswa yang berkaitan dengan materi fluida dinamis melalui praktikum fluida berbasis inkuiri dan keterampilan berpikir kreatif siswa dinilai dengan rubrik penilaian kinerja penelitian ini dilaksanakan di SMA negeri yang terletak di pusat Kota Bandar Lampung penelitian dilaksanakan di kelas 2 di kelas 11 IPA 2 untuk kelas eksperimen dan 11 IPA 3 untuk Kelas kontrol yang masing-masing siswanya berjumlah 32 orang desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized control group pretest posttest design teknik analisis teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1 penilaian kinerja yang didampingi oleh rubrik penilaian kinerja yang telah dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa konsep fluida dinamis dengan taraf signifikansi 95% penilaian dengan penilaian kinerja lebih baik daripada penilaian dengan Paper and pencil tes satu tes tradisional pada materi fluida.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: VIYANTI
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:15
Last Modified: 09 Feb 2021 03:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27791

Actions (login required)

View Item View Item