Viyanti, Viyanti and Rosidin, Undang and Laili, Mukhimatul (2011) ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY ROLE APPROACH DILIHAT DARI GAYA BELAJAR SISWA (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK). Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2011. ISSN 978-979-8510-32-8
Text
view_usp=sharing - Published Version Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
Abstract
Masih banyaknya guru yang menggunakan model pembelajaran Direct Instructions sebagai alternatif model pembelajaran yang sering digunakan di kelas pada pembelajaran sehari-hari. Sehingga telah dilakukan suatu penelitian yang menggunakan model pembelajaran Direct Instructions sebagai pembanding untuk mengetahui pengaruh penerapan model Inquiry Role Approach serta gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, (1) perbedaan hasil belajar ranah afektif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dan model pembelajaran Inquiry Role Approach; (2) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa; (3) perbedaan hasil belajar aspek afektif antara yang menggunakan inquiry role approach dan direct instruction untuk siswa dengan gaya belajar visual; (4) perbedaan hasil belajar aspek afektif antara yang menggunakan inquiry role approach dan direct instruction untuk siswa dengan gaya belajar auditorial; (5) perbedaan hasil belajar aspek afektif antara yang menggunakan inquiry role approach dan direct instruction untuk siswa dengan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 di SMK YASMIDA Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X pada semester ganjil sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Pemilihan kelas sampel dengan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain factorial 2x3 yang merupakan modifikasi dari quasi experimental design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Inquiry Role Approach dengan kelas yang menerapkan model Direct Instruction. Kelas yang menerapkan model pembelajaran Inquiry Role Approach mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menerapkan model Direct Instruction. Untuk sikap nilainya sebesar 84,75; untuk minat 84,75; untuk konsep diri 63,55; dan untuk observasi 83,125. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Terdapat perbedaan hasil belajar aspek afektif antara yang menggunakan inquiry role approach dan direct instruction baik untuk siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Kata kunci: Inquiry Role Approach, Direct Instructions, Gaya Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA |
Depositing User: | VIYANTI |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 08:39 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 08:39 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27790 |
Actions (login required)
View Item |