Viyanti, Viyanti and Maulina, Hervin and Sesunan, Feriansyah and Suyanto, Eko MEMPERKAYA BUKTI DAN PENALARAN: MELIBATKAN RAGAM REPRESENTASI. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2020. ISSN 2716-053X

[img] Text
view_usp=sharing - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1Lhc4O1XNRh4Ee7pWp...

Abstract

Abstrak: Memperkaya Bukti dan Penalaran: Melibatkan Ragam Representasi. Penelitian bertujuan mendeskripsikan efek sumber representasi dalam proses melatihkan keterampilan berargumentasi siswa materi fisika. Sumber representasi digunakan untuk pengorganisasian beban kognisi siswa. Beban kognisi disajikan dengan maksud menginduksi persepsi terkait produksi data dan penalaran . Tujuan penalaran diarahkan pada penyeimbangan persfektif kognitif bahwa struktur kognitif siswa telah merepresentasikan informasai konsep siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Kelas XI di wilayah kota Bandar Lampung dengan jenis penelitian deksriptif kualitatif dan sampel berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda beralasan, observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari 65% siswa terampil mensinergikan produksi data, penalaran dan integrasi konseptual yang bersumber dari berbagai reprsentasi pada level 2. Produksi berargumentasi siswa dinilai selama proses pembelajaran untuk mengukur kualitas produksi bukti, penalaran, dan integrasi konseptual. Secara keseluruhan terdeteksi sumber representasi mempengaruhi kualitas produksi argumentasi siswa. Untuk kelompok siswa yang sebelumnya memiliki pengetahuan yang rendah, representasi gambar, grafik dan tabel meningkatkan kualitas produksi data ketika dilengkapi dengan informasi singkat. Untuk kelompok siswa yang memiliki pengetahuan campuran, sumber representasi berdampak pada kualitas produksi penalaran kompleks. Hasil ini merepresentasikan sinergis efek fungsi sumber representasi, namun perlu penelitian lebih lanjut untuk mempertahankan efek sumber representasi pada materi yang lebih kompleks. Kata kunci: Representasi, Data, Penalaran, Keterampilan Berargumentasi, Materi Fisika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: VIYANTI
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:32
Last Modified: 08 Feb 2021 07:32
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27789

Actions (login required)

View Item View Item