Hartino, Ahman Tosy and Adha, Muhammad Mona and Rifai, Ahmad and Ulpa, Eska Prawisudawati and Supriyono, Supriyono (2021) Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Civic Responsibility di Masa Pembelajaran Daring. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan (KNKn) Ke-V, Program Studi Magister Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3Kn, 22 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prosiding KNKn V Tahun 2020.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring dalam kondisi Covid-19 tentu menjadi sebuah solusi sekaligus menjadi permasalahan baru. Pembelajaran daring, dilaksanakan setelah adanya surat edaran dari Kementerian Pendidikan sebagai wujud untuk meminimalsir kasus covid-19 di lingkungan pendidikan ataupun lingkungan sekolah lainnya. Pembelajaran daring akan membawa dampak pada sebuah urgensi rasa tanggung jawab peserta didik dalam eksistensi pendidikan kewarganegaraan. Artikel ini bertujuan untuk mengukuhkan sebuah eksistensi pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan civic responsibility. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni menggunakan metode studi literatur dan metode pengamatan. Hasil dari artikel ini membahas mengenai esksistensi, pendidikan kewargenegaraan, kemudian civic responsibility dan pembelajaran daring, serta yang terakhir membahas mengenai urgensi dari eksistensi civic responsibility dalam pembelajaran daring. Sementara, rekomendasi artikel ini dapat menyasar kepada masyarakat yang masih awam sekali terhadap meningkatkan rasa tanggung jawab.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: Mr Muhammad Mona Adha
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:53
Last Modified: 01 Feb 2021 04:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27546

Actions (login required)

View Item View Item