Alifah, Maria and Adha, Muhammad Mona and Perdana, Dayu Rika and Hartino, Ahman Tosy and Rifai, Ahmad (2021) Upaya Meningkatkan Karakter disiplin Peserta Didik pada Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan (KNKn) Ke-V, Program Studi Magister Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3Kn, 22 November 2020, Yogyakarta.
|
Text
Prosiding KNKn V Tahun 2020.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pada masa pandemik Covid-19 ini sekolah melaksanakan pembelajaran daring. Selama pembelajaran daring yang sudah dilakukan, ternyata di lapangan ditemukan beberapa kasus dari peserta didik yang tidak menunjukkan karakter disiplin seperti terlambat bergabung di Google Meet dan terlambat mengumpulkan tugas, serta hanya bergabung kelas online tetapi tidak memantau/mengikuti dengan seksama selama pembelajaran daring. Sehingga, dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peserta didik pada pembelajaran daring di masa pandemik Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Berdasarkan observasi, hasil wawancara, dan data penunjang lainnya yang digunakan pada bahan analisis, maka dalam penelitian ini ditemukan bahwa dengan memberikan rewards & punishments kepada peserta didik dapat meningkatkan karakter disiplin mereka dan bertanggung jawab di dalam mengikuti pembelajaran daring.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | Mr Muhammad Mona Adha |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 04:53 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 04:53 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27545 |
Actions (login required)
View Item |