Pujianto, Agus and Darsono, Darsono and Pujiati, P (2013) PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPS. Jurnal Studi Sosial, 1 (4). ISSN ISSN 2089-9335

[img]
Preview
Text
2370-4741-1-PB.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/artic...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa. Untuk meningkatakan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dengan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pembelajaran inkuiri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan tes tertulis. Berdasarkan observasi dan angket kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Berdasarkan hasil tes tertulis diketahui prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada saat siklus 1 persentase ketuntasan mencapai 51,85 %, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus 2 persentase ketuntasan mencapai 70,37 % dan setelah pelaksanaan tindakan siklus 3 persentase ketuntasan mencapai 92,59 %. Kata kunci: pembelajaran inkuiri, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: PUJIATI P
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:02
Last Modified: 15 Dec 2020 05:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27026

Actions (login required)

View Item View Item