Ramahwati, Dian and Trisnaningsih, Trisna and Pujiati, P (2015) BRAINSTORMINGMETHOD AND DISCUSSION TO INCREASING SOCIAL SKILL BY STUDENTS LEARNING ENVIRONMENT. Jurnal Studi Sosial, 3 (1). ISSN ISSN 2089-9335
|
Text
9255-18283-1-PB.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan sosial dengan memperhatikan lingkungan belajar siswa dilihat dari interaksi siswa dengan siswa dan interaksi siswa dengan guru yang pembelajarannnya menggunakan metode brainstorming dan diskusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain faktorial. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan lembar pengamatan keterampilan sosial. Pengujian hipotesis pertama dan keenam menggunakan analisis varian dua jalan sedangkan untuk hipotesis kedua, ketiga, keempat, kelima, dan ketujuh menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan sosial dengan memperhatikan lingkungan belajar siswa dilihat dari interaksi siswa dengan siswa dan interaksi siswa dengan guru yang pembelajarannnya menggunakan metode brainstorming dan diskusi. Kata kunci: diskusi,keterampilan sosial, lingkungan belajar,metode brainstorming
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Depositing User: | PUJIATI P |
Date Deposited: | 15 Dec 2020 05:02 |
Last Modified: | 15 Dec 2020 05:02 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27024 |
Actions (login required)
View Item |