Yupiyanto, MR and Trisnaningsih, Trisna and P, Pujiati (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI. Jurnal Studi Sosial, 8 (1). ISSN ISSN 2089-9335

[img]
Preview
Text
21018-49184-1-PB.pdf

Download (603kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisdan menganalisiskeefektifan LKPD berbasis masalah yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikirpeserta didik kelas X SMA Negeri 8OKU.Metode penelitianini adalah penelitianpengembangandengan model desain Borg&Gall. Subjek penelitian 70siswa kelas X SMA Negeri 8 OKU. Media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan LKPD berbasis masalahdengann indikator kemampuan berpikir kritis yaitumengidentifikasi, menghubungkan antar konsep,menganalisisinformasi dalam menyelesaikan masalah,mengevaluasi atau kesimpulan.Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis berupa pre-testdan posttest. Analisis data menggunakanuji t danN-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalahefektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: Pengembangan, LKPD berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: PUJIATI P
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:01
Last Modified: 15 Dec 2020 05:01
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27022

Actions (login required)

View Item View Item