Mardiana, Nova and Djimat, Habibullah and Hendrawaty, Ernie and Yuningsih, Yuningsih PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KAPASITAS USAHA PELAKU PARIWISATA DENGAN MENGGUNAKAN THE HOUSE MODEL DI KABUPATEN PESAWARAN PROPINSI LAMPUNG. In: STABEK 4 (Seminar Teknologi, Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi dan Komunitas 4, 28 Oktober 2020, Hotel Raddison.

[img] Slideshow (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KAPASITAS USAHA PELAKU PARIWISATA DENGAN MENGGUNAKAN THE HOUSE MODEL DI KABUPATEN PESAWARAN PROPINSI LAMPUNG)
Ppt Stabek 4 PKM Pesawaran 2020.pptx

Download (32MB)

Abstract

Kabupaten Pesawaran merupakan daerah wisata yang sudah dikenal di tingkat nasional. Wisata pantai dan usaha kerajinan yang ada di tempat ini perlu dikembangkan lagi agar dapat menjadi tujuan wisata internasional seperti Bali dan daerah-daerah lainnya di Indonesia, namun masih rendahnya kinerja sumberdaya manusia yang terlibat pada usaha pariwisata dinilai menjadi faktor penghambatnya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha pada sektor pariwisata di Kabupaten Pesawaran, menganalisis perbandingan tingkat kepentingan dengan kinerja yang telah dicapai serta merancang model indikator utama dari peningkatan kinerja pelaku usaha pariwisata dalam bentuk The House Model agar dapat menghasilkan suatu rekomendasi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi perbaikan dan pengembangan usaha sektor pariwisata di Kabupaten Pesawaran. Hasil analisis diagram Ishikawa menyatakan bahwa permasalahan utama para pelaku usaha sektor pariwisata adalah SDM, namun disamping itu hasil analisis IPA menyatakan bahwa para pelaku usaha pariwisata lebih memilih sarana prasarana serta dukungan dan perhatian pemerintah sebagai prioritas tertinggi untuk diperbaiki. Terdapat empat pilar pada The House Model sebagai rancangan model peningkatan kinerja pelaku usaha sektor pariwisata agar menjadi usaha pariwisata berdaya saing dan berkelanjutan. Empat pilar tersebut yaitu peranan pemerintah, pengembangan SDM, peningkatan kualitas jasa pariwisata, serta pemasaran terintegrasi, dengan konsisten dan komitmen menjalankan strategi yang terintegrasi dan berkesinambungan sebagai fondasi dasarnya. Kata Kunci: The House Model, Pariwisata Pesawaran

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: DR NOVA MARDIANA
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:30
Last Modified: 24 Nov 2020 01:30
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26741

Actions (login required)

View Item View Item