Susanto, G. Nugroho and Sembiring, Simon and Ekowati, Christina Nugroho (2016) PEMBINAAN GURU SEBAGAI DASAR PENINGKATAN PRESTASI SISWA SD DALAM AJANG KOMPETISI OSN SD IPA TINGKAT NASIONAL. In: Seminar Hasil-Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lampung 2016, 1 Desember 2016, Hotel 7, Bandar Lampung.
|
Text
Prosiding Hotel Seven GN Susanto, dkk.pdf Download (616kB) | Preview |
Abstract
Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI bidang IPA merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan dan pelaksanaannya secara berkelanjutan yang akan berdampak positif pada proses pembelajaran sehingga para siswa menjadi kreatif dan inovatif. Para siswa akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya melalui pembelajaran yang kreatif, efektif dan menyenangkan. Melalui ajang lomba OSN bidang IPA, dapat merangsang tumbuhnya motivasi para siswa, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dan sportif guna mencapai prestasi tertinggi dan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya. Prestasi para siswa dari provinsi Lampung dalam OSN IPA SD masih belum maksimal, sehingga perlu dilakukan pembinaan secara intensif terhadap para guru dan siswa secara berjenjang di tingkat sekolah, kabupaten/kota hingga provinsi. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas guru SD pembina OSN bidang IPA, agar mempunyai penguasaan materi olimpiade IPA yang memadai dan menyeluruh (komprehensip). Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk membekali para guru dengan materi OSN IPA (pelajaran Biologi dan Fisika) secara teori dan eksperimental atau praktikum, memberikan latihan soal OSN IPA dan bahasannya, serta menerapkan berbagai metode pembelajaran OSN IPA yang mampu menumbuhkan sikap kreatif, inovatif, terampil dan kompetitif bagi para siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi metode ceramah untuk menyampaikan materi pembinaan dan diskusi untuk membahas materi dan soal-soal OSN, metode pelatihan eksperimen/praktikum mengintegrasikan pendekatan teoritis dan praktis, serta metode pendampingan bagi para guru pembina dan siswa peserta OSN. Pembinaan diikuti oleh para guru SDN 2 Rawa Laut, Bandar Lampung 6 orang dan SDN 1 Pringsewu Selatan, Pringsewu 17 orang yang nantinya secara aktif bertugas melatih para siswanya yang berprestasi. Kedua sekolah ini ditunjuk karena prestasi siswanya yang tinggi dan selalu mewakili Provinsi Lampung dalam lomba OSN tingkat nasional, sehingga diperlukan guru pembina OSN yang tetap. Dengan dilibatkannya para guru dari sekolah berprestasi, maka kegiatan ini diharapkan dapat menarik minat para guru dari sekolah lain baik yang ada di kota Bandar Lampung dan kabupaten Pringsewu maupun di kota/kabupaten lain untuk ikut aktif terlibat dalam pembinaan OSN IPA bagi para siswanya. Selain itu target dari kegiatan ini adalah dihasilkannya guru-guru pembina OSN IPA yang berkualitas dan mumpuni (menguasai materi dan metode dalam membekali para siswa) guna menghadapi lomba OSN. Dengan adanya guru pembina OSN IPA yang berkualitas diharapkan akan dihasilkan siswa-siswa yang berprestasi tinggi. Selain itu dari kegiatan ini dihasilkan luaran berupa materi pembinaan yang meliputi : modul OSN IPA (Biologi dan Fisika), modul eksperimen/praktikum IPA, serta soal OSN IPA dan pembahasannya di tingkat kabupaten/ kota dan tingkat nasional. Materi ini sangat diperlukan dan tentunya bermanfaat bagi para guru dalam membekali para siswanya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Biologi |
Depositing User: | Dr. MSc. Gregorius Nugroho Susanto |
Date Deposited: | 02 Jun 2017 11:47 |
Last Modified: | 02 Jun 2017 11:47 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/2664 |
Actions (login required)
View Item |