Dahlia, Mariati Hutajulu and Diana, Rosita and Setia, Rini (2020) Penggunaan Media Youtube dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Prancis bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai. PRANALA, 3 (1). pp. 103-112. ISSN 2721-7817
|
Text
Penggunaan Media Youtube dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Prancis bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kosakata bahasa Prancis siswa kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai yang diajar dengan menggunakan media youtube dan siswa yang diajar menggunakan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif, dengan desain penelitian Pretest- Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai. 30 siswa pada kelompok eksperimen yaitu X MIA 4 dan 30 siswa pada kelompok kontrol yaitu X MIA 6. Variabel independen adalah penggunaan media youtube, sedangkan variabel dependen adalah peningkatan kosakata bahasa Prancis. Untuk menentukan sampel, teknik yang digunakan Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t sebelum dilakukan uji-t diberikan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai uji-t dengan taraf signifikasi yang sama yaitu (0,000<0,05). Namun, dari hasil perhitungan efektifitas (N-Gain score), kelompok eksperimen mempunyai rata-rata sebesar 60,0287 (efektif) dan kelompok kontrol sebesar 23,5723 9 (tidak efektif). Hasil tersebut diartikan penggunaan media youtube dapat meningkatkan kosakata bahasa Prancis siswa kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai. Kata kunci: media youtube, kosakata, bahasa Prancis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Depositing User: | M.Pd. Setia Setia |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 03:31 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 03:31 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26418 |
Actions (login required)
View Item |