Purwanto Putra, Purwanto and Arnila, Purnamayanti and Eri, Maryani EFISIENSI PENYIMPANAN DAN AKSESIBILITAS ARSIP VITAL DALAM PENYELENGGARAAN KEARSIPAN UNIVERSITAS DI UPT KEARSIPAN UNILA. Journal of Documentation and Information Science. (Submitted)

[img]
Preview
Text
EFISIENSI PENYIMPANAN DAN AKSESIBILITAS ARSIP VITAL DALAM PENYELENGGARAAN KEARSIPAN UNIVERSITAS DI UPT KEARSIPAN UNILA _Purwanto Putra_Artikel Jurnal JODIS.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang umum ditemui lembaga kearsipan dengan arsip vital adalah ketidakoptimalan dan belum mumpuninya lembaga kearsipan universitas dalam merumuskan program dan implementasi pengelolaan arsip vital. Untuk memenuhi persyaratan standar sesuai peraturan perundang-undangan dan ISO program arsip vital adalah prioritas juga untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Selain dari sisi urgensi implementatif, tujuan jangka panjang program arsip vital adalah berkaitan dengan peran arsip vital dalam mendukung fungsi bisnis Unila. Arsip vital dapat berperan signifikan dan bertanggungjawab dalam pencapaian visi-misi dan rangking universitas. Target khusus yang dapat dicapai penelitian ini adalah mapping manajemen arsip vital Unila. UPT Kearsipan Unila sebagai lembaga yang bertanggungjawab dan memiliki kewenangan terhadap penyelenggaraan arsip di lingkungan Unila. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif akan digunakan dalam penelitian ini. Secara operasional, strategi pengumpulan data dilakukan denga metode FGD (focus group discussion) dengan arsiparis dan pimpinan unit kerja. Melalui cara ini dapat digali secara lebih mendalam kondisi lapangan. Selanjutnya, juga menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen arsip-arsip koleksi UPT Kearsipan Unila. Penelitain ini diharapkan akan menghasilkan dokumen mapping manajemen dan pengelolaan arsip vital di UPT Kearsipan Unila. Hasil lainnya artikel yang dipresentasikan dalam seminar nasional dan jurnal nasional terakreditasi. Agar pengetahuan tentang arsip vital semakin diketahui khalayak luas. Diharapkan pula hasilnya dapat digunakan sebagai landasan melakukan kajian teoritis lebih lanjut dan operasional aplikatif UPT Kearsipan Unila. Dokumen mapping juga berpeluang untuk didaftarkan sebagai HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi
Depositing User: M.Hum Purwanto Putra
Date Deposited: 19 Nov 2020 17:50
Last Modified: 19 Nov 2020 17:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26325

Actions (login required)

View Item View Item