Purwanto, Putra Inovasi Investasi Keuangan Haji Pada Sektor UMKM: Mewujudkan Kemaslahatan Perekonomian Nasional Pasca Covid-19. Masyarakat Ekonomi Syariah. (Submitted)

[img]
Preview
Text
B9. Menulis Artikel Lomba MANASIKHAJI2020_PURWANTO PUTRA_UMUM_PRODI D3 PERPUSTAKAAN FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG_REVISI_II_29_AGUSTUS_2020-F1.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini menganalisis kemungkinan inovasi investasi dana haji dalam bidang UMKM yang berbasis produk unggulan dan menjelaskan secara lebih komprehensif tentang kemungkinan strategi penerapannya. Sekaligus akan coba ditelaah seberapa besar kemungkinan kebermanfaatan investasi dana haji bidang UMKM tersebut bagi masyarakat dan pemulihan ekonomi pasca Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran atau penjelasan secara terperinci terhadap suatu masalah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode literasi informasi (information literacy), model literasi informasi yang digunakan ialah The Seven Pillars of Information Literacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berinvestasi pada sektor UMKM memiliki beberapa keunggulan yang dapat dioptimalkan dengan ketersediaan regulasi yang mendukung dan pilihan produk dan strategi penerapan UMKM yang memang potensial untuk dikembangkan. Sektor UMKM memiliki potensi keuntungan dengan resiko yang terbagi, seperti perumpamaan, “jangan menempatkan telur dalam satu keranjang”. Maka dapat dikatakan inovasi ketika resiko investasi dana haji dapat diminimalisir dengan strategi penyebaran. Hasil lainnya investasi keuangan haji pada sektor UMKM juga sangat kompatibel untuk diterapkan dengan syariah yang kafah (menyeluruh).

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi
Depositing User: M.Hum Purwanto Putra
Date Deposited: 19 Nov 2020 17:50
Last Modified: 19 Nov 2020 17:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26304

Actions (login required)

View Item View Item