siska, siska and Abdurrahman, Abdurrahman and Rosidin, Undang (2020) PENGEMBANGAN CERGAM FISIKA BERBASIS STEM UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI SAINS PADA SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 8 (1). ISSN 2337-5973
|
Text
12. Artikel Siska Sudarsono dkk.pdf Download (775kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari pendidikan sains, yaitu menyiapkan siswa agar memiliki kemampuan literasi sains yang baik. Salah satu pendekatan yang mampu menciptakan tenaga ahli yang profesional dan memiliki literasi sains yang baik adalah pendekatan Science, Technology, Engineering, and Matchematics (STEM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, validitas, dan pendapat siswa terkait cerita bergambar (cergam) yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), sedangkan prosedur pengembangan mengacu pada pengembangan media intruksional oleh Sadiman, Haryono, & Rahardjito (2016). Peneliti mengelolah data menggunakan konversi skor penilaian oleh Sugiyono. Cergam dikemas dalam 5 episode dalam 90 halaman. Peneliti memperoleh rerata skor validasi sebesar 3,51 yang termasuk dalam klasifikasi sangat valid, menarik, mudah, dan bermanfaat. Kata Kunci: : Cergam Fisika, STEM, Literasi Sains.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dr. Undang Rosidin |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 11:32 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 11:32 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26203 |
Actions (login required)
View Item |