Purwanto, Putra and Annisa, Mufidah (2020) Evaluasi Penerapan SLiMS (Senayan Library Management System) dalam Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca, 33 (1). pp. 1-13. ISSN 02167808 (Submitted)

[img] Text
Evaluasi Penerapan SLiMS (Senayan Library Management System) dalam Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan SMK Negeri 4 Bandar Lampung_Revisi.docx

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal.unsri.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat dan berdampak besar dalam berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali perpustakaan. Sehingga dibutuhkan berbagai kajian terhadap berbagai aspek-aspek terkait. Penelitian yang diselenggarakan di Perpustkaan SMK Negeri 4 Bandar Lampung, bertujuan untuk mengetahui Senayan Library Management System atau penerapan sistem otomasi SLiMS. Temuan awalnya ada permasalahan berkaikan koleksi bahan pustaka (buku) yang tidak terdata kedalam SLiMS yang perlu dikaji apa penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara di Perpustkaan SMK Negeri 4 Bandar Lampung, selain juga berbagai studi literatur. Penerapan SliMS di perpustakaan SMK Negeri 4 Bandar Lampung berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya kaitan dengan kebutuhan bibliografi, inventarisasi, mencetak label, mencetak barcode dan membuat kartu keanggotaan. Selain itu berdasarkan hasil temuan lapangan ada kendala-kendala penerapan SLIMS di perpustakaan SMK Negeri 4 Bandar Lampung diantaranya fitur SLiMS yang belum dipahami secara menyeluruh dan ketidakcakapan kemampuan pustakawan dalam menggunakan SLiMS. Selain itu juga kendala dari sarana prasarana komputer masih kurang memadai, koneksi internet yang buruk dan jaringan Wi-Fi dikunci dan penumpukan jumlah buku yang mesti diolah dan input ke SLIMS.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi
Depositing User: M.Hum Purwanto Putra
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:53
Last Modified: 18 Nov 2020 04:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26010

Actions (login required)

View Item View Item