Mahfut, Mahfut and Heningtyas, Yunda (2020) METODE SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT TANAMAN DENGAN METODE CASE-BASE REASONING BERBASIS WEB. In: WEBINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER PENGABDIAN PADA MASYARAKAT 2020, 17 September 2020, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS. (Submitted)

[img] Text
Mahfut 1.2- Metode Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Tanaman Dengan Metode Case-base Reasoning Berbasis Web..pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (487kB)

Abstract

Keberadaan anggrek alam di Kebun Raya Liwa merupakan salah satu kekayaan flora asli Sumatera Bagian Selatan yang perlu dijaga kelestariannya. Berdasarkan hasil identifikasi diketahui bahwa beberapa individu anggrek menunjukkan gejala terinfeksi virus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari metode pengendalian penyakit virus yang tepat, efektif, dan efisien. Metode yang dilakukan melalui pendekatan beberapa bidang ilmu seperti biologi, proteksi tanaman, dan ilmu komputer. Aplikasi induksi ketahanan agensia hayati mikoriza endofit sebagai agen biokontrol yang mampu menekan replikasi penyakit virus pada tanaman dapat digunakan sebagai cara yang murah dan ramah lingkungan dibandingkan pestisida. Selain itu, penggunaan metode sistem pakar diagnosis penyakit tanaman dengan metode case-base reasoning berbasis web. Pengabdian ini penting dilakukan mengingat pihak kebun raya tidak mengetahui metode pengendalian penyakit pada tanmaan anggrek yang aman dan ramah lingkungan. Kegaiatan ini menjadi wahana yang berbagi pengetahuan yang baik antara tim pengabdian dengan pengelola Kebun Raya Liwa. Dengan pengembangan metode ini diharapkan proses deteksi pengendalian penyakit virus pada anggrek alam berlangsung lebih akurat dan lebih cepat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Biologi
Depositing User: MAHFUT - -
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:36
Last Modified: 18 Nov 2020 01:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/25915

Actions (login required)

View Item View Item