Kustiani, Ika and Widyawati, Ratna and Warena, Rosa Dwi (2020) Analisis Pengelolaan Limbah Konstruksi dengan Skema Stepwise Incentive System dalam Rangka Penerapan Lean Construction pada Proyek Konstruksi di Lingkungan Universitas Lampung. In: Seminar Nasional Hasil Penelitian Sains, Teknik dan Aplikasi Industri (SINTA 2020), 14 - 15 Oktober 2020, Bandar Lampung. (Submitted)

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text (National Conference)
SINTA_2020_Ika.pdf - Submitted Version

Download (791kB) | Preview

Abstract

Dengan adanya trend peningkatan biaya pembuangan limbah dan pengurangan jumlah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah telah menciptakan kebutuhan untuk menerapkan pengelolaan limbah yang efektif di industri konstruksi. Karena setiap proyek konstruksi memiliki keunikan dalam pengembangannya, manfaat dari pengelolaan limbah juga dapat berbeda dari proyek ke proyek. Oleh karena itu, karakteristik proyek harus dipertimbangkan ketika menerapkan strategi pengelolaan limbah. Studi ini berupaya untuk menyelidiki bagaimana karakteristik proyek yang berbeda mempengaruhi persepsi tentang manfaat, dari pengelolaan limbah konstruksi, berdasarkan hasil survei pada studi kasus proyek-proyek konstruksi di Lingkungan Universitas Lampung. Lebih lanjut, salah satu strategi yang akan diuji adalah Stepwise Incentive System (SIS). Data dikumpulkan melalui satu set pertanyaan untuk mendapatkan pandangan dari pemangku kunci kepentingan proyek terkait manfaat pengelolaan. Dari hasil analisis, dapat diformulasikan kebijakan penerapan lean construction di Universitas Lampung sebagai alat pendukung keputusan di masa yang akan datang yang lebih baik untuk pengelolaan limbah konstruksi di tempat yang lebih baik serta untuk mencapai kinerja proyek konstruksi yang berkelanjutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: konstruksi berkelanjutan lean construction limbah konstruksi stepwise incentive system survei opini
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: IKA KUSTIA
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:33
Last Modified: 18 Nov 2020 01:33
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/25828

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item