MS, Mahrinasari (2020) PENGEMBANGAN KEMASAN ZERO PLASTIC SERTA LABEL SEHAT-HALAL PRODUK TAHU TEMPE (ZERO PLASTIC PACKAGING AND HALAL-HEALTHY LABEL DEVELOPMENT OF TAHU TEMPE PRODUCTS). Jurnal Pengabdian Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNILA. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL PUBLIKASI Pengabdian KPD MASYARAKAT KEMASAN ZERO PLATIK DAN LABEL HALAL DAN SEHAT - SEMNAS REVISI FINAL KIRIM KE SEM PENGABDIAN LP2M 07 NOV 2020.pdf

Download (891kB)

Abstract

Industri rumahan tahu tempe berperan dalam petumbuhan ekonomi khususnya di kota Bandarlampung. Namun, kemasan produknya memanfaatkan plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Hal ini terjadi sebagai akibat pengetahuan dan kesadaran pelaku industri tahu tempe akan efek negatif kemasan plastik masih rendah. Beberapa pengusaha juga belum banyak memahami peran kualitas produknya, seperti produk sehat dan halal. Produk sehat dan halal menjadi kebutuhan terutama bagi masyarakat muslim melalui kepemilikan Sertifikat Halal dengan syarat telah mendapatkan sertifikasi sehat dari dinas terkait (Dinas Kesehatan dan Perizinan Usaha Rumah Tangga /PIRT). Oleh karena itu, kegiatan pengabdian perlu dilakukan dengan metode pelatihan dan pembinaan kepada kelompok industri tahu tempe di Kelurahan Gunung Sulah yang menjadi kawasan wisata edukasi tahu tempe di Kota Bandarlampung. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengetahuan, kesadaran, dan pemahaman pelaku usaha tahu tempe meningkat setelah mendapatkan pelatihan dan pembinaan pengembangan Kemasan Zero Plastic dan Label Sehat-Halal. Pengusaha berkeinginan untuk menggunakan alternatif kemasan Zero Plastic dan menyadari bahwa sertifikasi Halal dan izin PIRT perlu ditampilkan sebagai Label Sehat-Halal, sehingga peluang perluasan pasar ke pasar modern meningkat dan mampu bersaing.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Mahrinasari MS
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:28
Last Modified: 16 Nov 2020 09:28
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/25542

Actions (login required)

View Item View Item