Ati, Yuniati and Marlia, Eka Putri (2020) Peningkatan Kesadaran Hukum Bagi Siswa SMAN 1 Padang Cermin Dalam Mewujudkan Konsumen Cerdas Di Era Globalisasi. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2020, November 2020, Radisson Hotel. (In Press)

[img]
Preview
Text
Semnas PKM 2020_Ati_Marlia_FH Unila.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Pemerintah bertanggung jawab dalam pembinaan dan penyelenggaraan perlindungan konsumen, yang meliputi hak dan kewajiban konsumen maupun pelaku usaha. Tanggung jawab tersebut terdapat dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Konsumen (Khususnya dalam kegiatan ini yaitu pelajar SMAN 1 Padang Cermin) saat ini dimanjakan oleh berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi, seperti melalui dunia maya (internet) tanpa langsung bertatap muka antara penjual dengan pembeli yang dikenal dengan e- commerce. Jenis produk barang dan/atau jasa yang beredar semestinya membutuhkan ketelitian bagi konsumen, karena semakin beragam dan banyaknya jenis barang dan jasa yang diperdagangkan, dilain pihak kemampuan konsumen memahami hak dan kewajibannya masih minim. Oleh karena itu untuk meningkatkan kesadaran konsumen, maka perlu dilakukan suatu kegiatan penyuluhan hukum untuk meningkatkan pengetahuan para siswa tentang adanya suatu undang-undang perlindungan konsumen. Setelah kegiatan ini selesai, para siswa akan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perlindungan konsumen dan mereka akan menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih suatu produk barang dan/ jasa. Kata kunci: Konsumen, Perlindungan Konsumen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum (FH) > Prodi Ilmu Hukum
Depositing User: Marlia Eka Putri
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:53
Last Modified: 16 Nov 2020 01:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item