Oktaria, Renti and Purwanto, Putra (2020) URGENSI PENGENALAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG PRAKTIK LITERASI DASAR PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Smart PAUD, 3 (2). pp. 72-80. ISSN 2599-0144

[img] Text
pdf - Published Version

Download (27kB)
Official URL: http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/v...

Abstract

Pendidikan anak usia dini berbasis literasi pada masa sekarang merupakan program yang diunggulkan untuk anak. Peran perpustakaan menjadi sangat krusial dan kompeten untuk dilibatkan dalam pengembangan kemampuan literasi anak. Tujuan penelitian ini untuk menguji seberapa jauh kemungkinan perpustakaan dapat berkolaborasi dengan orang tua, keluarga dan sekolah untuk menumbuhkan minat baca pada anak usia dini melalui penanaman kemampuan literasi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bersifat telaah pustaka. Penelitian ini juga menggunakan berbagai sumber acuan dari beragam informasi baik tercetak dan terekam. Untuk memperoleh data dan informasi holistis, yang memiliki keterpaduan hubungan ketika disatukan dalam suatu kerangka penelitian. Hasil temuan penelitian mengungkap bahwa ada beberapa kebutuhan dan kolaborasi yang sifatnya krusial untuk melibatkan perpustakaan yaitu: (1) perpustakaan sebagai wahana belajar anak usia dini; (2) perpustakaan mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak; (3) perpustakaan mempersiapkan anak usia dini untuk masuk lingkungan sekolah; (4) kemampuan literasi dasar untuk perkembangan akademik anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: M.Pd. Renti Oktaria
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:34
Last Modified: 16 Nov 2020 01:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/25216

Actions (login required)

View Item View Item