Oktaria, Renti and Purwanto, Putra (2020) URGENSI PENGENALAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG PRAKTIK LITERASI DASAR PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Smart PAUD, 3 (2). pp. 72-80. ISSN 2599-0144
Text
pdf - Published Version Download (27kB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini berbasis literasi pada masa sekarang merupakan program yang diunggulkan untuk anak. Peran perpustakaan menjadi sangat krusial dan kompeten untuk dilibatkan dalam pengembangan kemampuan literasi anak. Tujuan penelitian ini untuk menguji seberapa jauh kemungkinan perpustakaan dapat berkolaborasi dengan orang tua, keluarga dan sekolah untuk menumbuhkan minat baca pada anak usia dini melalui penanaman kemampuan literasi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bersifat telaah pustaka. Penelitian ini juga menggunakan berbagai sumber acuan dari beragam informasi baik tercetak dan terekam. Untuk memperoleh data dan informasi holistis, yang memiliki keterpaduan hubungan ketika disatukan dalam suatu kerangka penelitian. Hasil temuan penelitian mengungkap bahwa ada beberapa kebutuhan dan kolaborasi yang sifatnya krusial untuk melibatkan perpustakaan yaitu: (1) perpustakaan sebagai wahana belajar anak usia dini; (2) perpustakaan mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak; (3) perpustakaan mempersiapkan anak usia dini untuk masuk lingkungan sekolah; (4) kemampuan literasi dasar untuk perkembangan akademik anak usia dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | M.Pd. Renti Oktaria |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 01:34 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 01:34 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/25216 |
Actions (login required)
View Item |