Kagungan, dian and Rosalia, Feni and HIDAYATI, DEWI AYU and WIBISONO, DAMAR (2020) PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA BERBASIS MEDIA BRANDING STRATEGY (Membangun Kerjasama Kelembagan Dan Peranserta Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Sungai Langka Sebagai Desa Wisata) Dian Kagungan1*, Feni Rosalia2, Dewi Ayu Hidayati3, Damar Wibisono4 Jurusan Administrasi Publik Universitas Lampung, Bandar Lampung Jl. Prof. Sumantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung 35145 Penulis Korespodensi : dian.kagungan@fisip.unila.ac.id. In: senapati 2020, 22 september 2020, bandar lampung. (Submitted)

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah : penguatan kapasitas kelembagaan desa dan keterlibatan aktif kelompok sadar wisata dalam mengembangkan sektor pariwisata berbasis media branding strategy. Perumusan masalah dalam kegiatan ini adalah : Rendahnya kapasitas kelembagaan desa dan kelompok sadar wisata desa Sungai Langka memiliki konsekuensi logis terhadap rendahnya tingkat kualitas pengelolaan di bidang pariwisata. Diperlukan tindakan nyata antara lain melalui diklat tatakelola destinasi pariwisata berbasis media branding strategi untuk meningkatkan kapasitas dan peran aktif kelompok sadar wisata.Metode yang digunakan : Focus grup discussion, dan evaluasi seluruh hasil kegiatan ini. Lokasi kegiatan desa Sungai Langka, Kabupaten Pesawaran, peserta kegiatan ini berjumlah 20 orang meliputi:, Kepala Desa, beserta aparatur, anggota kelompok sadar, Kelompok wanita tani (KWT), Pemuda dan Karangtaruna, tokoh masyarakat dan anggota Badan Perwakilan Desa,. Luaran yang ditargetkan : a.Publikasi pada proseeding Senapati dan atau jurnal Sakay Sambayan, b.Video kegiatan bersurasi 5 menit. Hasil dari kegiatan ini adalah : 1.Kemampuan analisis peserta di desa Sungai Langka ini secara singkat dapat ditingkatkan terutama dalam aspek kognitif dan afektif. Secara kognitif rata-rata mengalami kenaikan sekitar 55% dari kemampuan dasar peserta. 2.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta pelatihan memiliki motivasi yang tinggi untuk mengaplikasikan hasil-hasil pelatihan pada aktifitas-aktifitas di bidang kepariwisataan, termasuk pengembangan agrowisata. Kata kunci:destinasi pariwisata; media branding strategy; pelatihan; sungai langka; tatakelola

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: DIAN KAGUN
Date Deposited: 01 Dec 2020 08:34
Last Modified: 01 Dec 2020 08:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/25106

Actions (login required)

View Item View Item