Putri, Kintanisa Dinanti and Eko Suyanto, ES and Nyeneng, I Dewa Putu (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Terbarukan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences,, 11 (3). pp. 87-93. ISSN E-ISSN 2581-1452

[img]
Preview
Text
document.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII MIPA4yang menjadi kelas eksperimen dan XII MIPA5menjadi kelas kontrol di SMA Negeri 3 Kotabumi menggunakan Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data dianalisisdengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan skor T-Testrata-rata nilai sig yang diperoleh adalah 0,000 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak. Hasil uji effect size yang diperoleh dari perhitungan cohen’s dsebesar 2,34 dan hasil nilai effect size r diperoleh sebesar 0,76 artinya penerapan model pembelajaran kontekstual berpengaruh cukup tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: I DEWA PUT
Date Deposited: 01 Nov 2020 00:28
Last Modified: 01 Nov 2020 00:28
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24405

Actions (login required)

View Item View Item