Artanti, Yulia and Hasnunidah, Neni and Yolida, Berti (2019) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY. In: tan Seminar Nasional Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila) Tahun 2019, 31 Oktober 2019, Bandar Lampung, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas PMIPA Okt 2020_Yulia Artanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA SMP pada materi pokok makhluk hidup dan lingkungan dalam penelitian ini mengintegrasikan kegiatan praktikum untuk meningkatkan kemampuan argumentasidengan pembelajaran di kelas. Kegiatan praktikum membutuhkan buku penuntun praktikum untuk keperluan tersebut sudah dikembangkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, hasil uji validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum dengan modelArgument Driven Inquiry. Desain penelitian Research and Development (R & D) yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develope, dan disseminate. Akan tetapi, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap develope. Buku penuntun praktikum inimemuat 3 lembar kerja, masing-masing terdiri atas: identitas siswa, judul praktikum, dasateori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat dan bahan, langkah kerja, skema argumentasi, sesiargumentasi, dan laporan. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan bahwa buku penuntun praktikum valid dan praktis dengan kategori baik sekali. Keterbacaan penuntun praktikumberkategori baik sekali. Prosedur praktikum dalam penuntun hampir seluruhnya terlaksanaDengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 01 Nov 2020 00:29
Last Modified: 01 Nov 2020 00:29
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24402

Actions (login required)

View Item View Item