Sulaim Masluha, Ummu and Hasnunidah, Neni and Jalmo, Tri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) DAN GENDER TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA. In: tan Seminar Nasional Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila) Tahun 2019, 31 Oktober 2019, Bandar Lampung, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas PMIPA Okt 2020_Ummu Sulaim.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI), perbedaan gender, dan interaksi antara model pembelajaran dengan gender terhadap keterampilan argumentasi siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung sejumlah 330 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII G yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Post-test Non Equivalent Control Design. Data diambil dari nilai pretes dan postes dengan tes keterempilan argumentasi berbentuk essay. Data dianalisis secara statistik dengan uji Ankova dan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI dan gender berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi dengan nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000 dan 0,011. Sedangkan, interaksi antara model ADI dengan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi dengan nilai signifikansi 0,209

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 01 Nov 2020 00:29
Last Modified: 01 Nov 2020 00:29
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24401

Actions (login required)

View Item View Item