Ghazali, Mochamad Firman (2020) Spektral Analisis Untuk Pengamatan Keragaman Vegetasi Mangrove di Labuhan Maringgai, Lampung Timur. (Studi Pendahuluan). In: Prosiding Seminar Nasional Konservasi 2020 "Konservasi Sumberdaya Alam Untuk Pembangunan Berkelanjutan", 21 April 2020, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Mochamad Firman Ghazali_April 2020_SEMNASKON.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Eksistensi hutan mangrove berperan penting didalam menjaga kelestarian ekosistem pesisir. Luas areal hutan mangrove di Labuhan Maringgai, Lampung timur pernah berkurang sangat luas. Kejadian tersebut tidak hanya berdampak pada berubahnya garis pantai, juga berkontribusi pada hilangnya biodiversitas mangrove di area tersebut. Perubahan luas areal hutan mangrove diamati dengan menggunakan dua citra satelit, yaitu Aster dan Sentinel 2 yang diakuisisi pada 2012 dan 2019. Kedua data tersebut kemudian diolah untuk mendapatkan informasi normalized difference vegetation index (NDVI), enhanced vegetation index (EVI), dan soil adjusted vegetation index (SAVI). Integrasi ketiganya juga digunakan untuk estimasi keragaman vegetasi mangrove yang diolah menggunakan algoritma K-Means dan pohon keputusan (Decision Trees). Pendekatan ini diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat perubahan luas area hutan dan keragaman vegetasi mangrove. Hasilnya diperoleh adanya perubahan areal hutan mangrove dari yang semula 240.30 Ha menjadi 553.074 Ha. Deteksi keragaman vegetasi mangrove berdasarkan integrasi NDVI, SAVI dan EVI diperoleh sembilan keragaman vegetasi mangrove, dengan Avicennia menjadi jenis terbanyak dan terluas penyebarannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi K-Means, Pohon keputusan, Aster, Sentinel 2, Biodiversitas Vegetasi Mangrove; Labuhan Maringgai; EVI; SAVI; NDVI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Geodesi
Depositing User: Mochamad Firman Ghazali
Date Deposited: 25 Oct 2020 06:31
Last Modified: 25 Oct 2020 06:31
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24362

Actions (login required)

View Item View Item