Ayu, Nursari and I Wayan, Suparta and Yoke, moelgini (2019) Pengaruh Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Yang Diminta Masyarakat (M1) Dan Perekonomian. Jurnal Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, FEB Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Yang Diminta Masyarakat (M1) Dan Perekonomian.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://feb.unila.ac.id/id/jurnal-2/jurnal-ekonomi-...

Abstract

Perkembangan teknologi telah menyentuh aspek kehidupan termasuk sektor ekonomi perbankan.Seiring dengan kemajuan teknologi finansial, transaksi ekonomi terus mengalami perubahan pada pola dan sistem pembayaran (payment) yang pengaruhnya mempermudah jangkauan masyarakat dengan produk keuangan bank.Saat ini peranan pembayaran uang tunai mulai tergeser dengan adanya kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembayaran non tunai (Kartu Debit/ATM, Kartu Kredit, E Money, Kliring, RTGS) terhadap perekonomian dan permintaan uang tunai di masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakandata yang bersumber dari Bank Indonesia (BI) dan Badan Pusat Statistik (BPS).Data penelitianyang digunakan adalah data time seriestriwulan dengan sampel waktu 2013 : 1 sampai dengan 2018 : 4.Teknik analisis data yang digunakan adalah Eror Correction Model (ECM) dan Analisis Trend.Hasil penelitian menunjukkan bahwapembayaran non tunai (Kartu Debit/ATM, Kartu Kredit, E Money, Kliring, RTGS) berpengaruh positif terhadap perekonomian dan permintaan uang tunai di masyarakat Indonesia. Kata kunci: Kartu Debet/ATM, Kartu Kredit, E-money, Kliring, RTGS, PDB, M1

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Magister Ilmu Ekonomi
Depositing User: I WAYAN SU
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:09
Last Modified: 04 Aug 2020 07:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23517

Actions (login required)

View Item View Item