Erlina Rufaidah, ER (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI ABAD 21 DI LAMPUNG. In: Seminar Nasoinal Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 28 September 2019, Bandar Lampung, Indonesia.

[img]
Preview
Text
14-Prosiding Semnas FKIP 28 September 2019 ERLINA RUFAIDAH-NEW.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1Szjz_-BPJIZ0EOjOs...

Abstract

Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa SMA dalam Pembelajaran Ekonomi Abad 21 di Lampung. Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran abad 21. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMA dalam pembelajaran ekonomi abad 21 di Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksplanatori dengan teknik pengumpulan data melalui pemberian tes. Populasi dalam kajian ini sebanyak 464 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, diperoleh responden dalam kajian ini sebanyak 96 siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Pagar Dewa. Instrumen yang digunakan adalah soal HOTS mata pelajaran ekonomi yang telah divalidasi oleh para ahli. Hasilnya menunjukkan sebesar 56,25% tidak mencapai skor maksimum. Hasil per indikator menunjukan kemampuan menganalisis (analysing) sebesar 8,74, kemampuan mengevaluasi (evaluating) sebesar 8,50, dan kemampuan mencipta (creating) yang menjadi indikator terendah sebesar 7,35. Kesimpulannya, kemampuan berpikir tingkat tingggi siswa dalam pembelajaran ekonomi tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan strategi oleh guru untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran ekonomi di Lampung

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: ERLINA RUF
Date Deposited: 24 Jul 2020 06:53
Last Modified: 24 Jul 2020 06:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23387

Actions (login required)

View Item View Item