Aisyah, Aisyah and Alben Ambarita, Alben and Lilik, LS (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMENT PENILAIAN TEMATIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. In: Konfrensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) ke-7 Tahun 2017, Penguatan Literasi Guru dalam Asesmen Kelas, 28-29 Juli 2017, Banjarmasin, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Pengembangan Instrumen Penilaian Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skills Untuk Peserta Didik Kelas III SD.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian tematik berbasis Higher Order Thinking Skills, (2) mendeskripsikan terpenuhinya karakteristik Higher Order Thinking Skills pada instrumen penilaian tematik, (3) mengukur keefektifan instrumen pailaian tematik berbasis Higher Order Thinking Skills. Jenis penelitian ini adalah Research and Development Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan Les. Alat pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan anaiisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) instrumen penilaian yang layak digunakan, baik layak secara teoritis maupun empiris. Layak secara teoritis yaitu telah memenuhi aspek konstruksi, bahasa, dan materi. Layak secara empiris yaitu melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan distractor, (2) penilaian telah memenuhi karakteristik Higher Order Thinking Skills; dan (3) instrumen penilaian efektif digunakan sebagai alat evaluasi hasil belajar karena instrumen penilaiandapat membedakan siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. kata Kunci: higher order thinking skills, instrumen penilaian, dan tematik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: ALBEN AMBA
Date Deposited: 30 Jun 2020 08:23
Last Modified: 30 Jun 2020 08:23
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22908

Actions (login required)

View Item View Item