Rasimeng, Syamsurijal and Dani, Ilham and Hardianto, Arnas and Elvarani, Annisa Yulia and Dewi, Pegita Urmala (2020) PENENTUAN POSISI HIPOSENTER GEMPA BUMI MENGGUNAKAN METODE GRID SEARCH DI SUMATERA BARAT, PADANG PADA TAHUN 2009. Jurnal Geocelebes, XX (xxx). pp. 1-8. ISSN 2579-5546 (Submitted)

[img] Text
ArnasHardianto_AnnisaYuliaElvarani_PegitaUrmalaDewi_Penentuan Posisi Hiposenter Gempa Padang Tahun 2009_Jurnal Geocelebes - Arnas Hardianto.pdf - Submitted Version

Download (560kB)
Official URL: http://journal.unhas.ac.id/index.php/geocelebes/in...

Abstract

Salah satu penelitian yang perlu dilakukan untuk membantu upaya mitigasi bencana gempabumi adalah menentukan pusat gempa dengan presisi tinggi. Untuk meminimalisir dampak bencana yang terjadi akibat gempabumi maka dilakukan upaya mitigasi sedini mungkin. Salah satu penelitian yang penting dilakukan adalah relokasi gempabumi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan relokasi hiposenter gempabumi yang terjadi di wilayah Sumatera Barat tahun 2009 dengan menggunakan metode kecepatan 1D dan Grid Search dengan perhitungan python. Relokasi ini diharapkan mampu meningkatkan keakuratan hiposenter gempa bumi yang lebih baik. Data yang digunakan dalam pengolahan data yaitu data seismogram dari IRIS. Data tersebut terdiri dari 5 stasiun di Padang, Sumatera Barat pada tahun 2009. Pengolahan data penentuan posisi hiposenter gempa ini diawali dengan teknik sederhana untuk menentukan waktu terjadinya gempa yaitu dengan diagram Wadati. Metode yang digunakan dalam relokasi episenter ini adalah grid search. Pada relokasi hiposenter gempa bumi dengan metode Grid Search dan model struktur kecepatan 1D menghasilkan posisi hiposenter yang lebih baik. Kemudian, didapatkan episenter relokasi dengan lintang: 0.63779⁰ LS, bujur: 99.88143⁰ BT, dan kedalaman: 91 km. Sedangkan pada episenter BMKG lintang: 0.8⁰ LS, bujur: 99.88⁰ BT dan kedalaman: 81 km. Sehingga didapatkan nilai ERMS yaitu 2.38 detik.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Geofisika
Depositing User: SYAMSURIJAL RASIMENG
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:02
Last Modified: 12 Jun 2020 12:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item