Destini, Frida (2019) PENGGUNAAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. In: Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2019, 28 September 2019, FKIP Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas 28 Sep 2019_Rev_Artikel_frida Destini.pdf

Download (389kB) | Preview
Official URL: http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/2019/08/14/pros...

Abstract

Era revolusi industri 4.0 menuntut anak mampu beradaptasi menghadapi persaingan global. Kecakapan hidup pada era globalisasi tidak hanya dipandang dari nilai akademik atau hasil belajarnya saja, tetapi juga dinilai dari bagaimana seseorang tersebut mampu memecahkan masalah-masalah kehidupan yang akan datang. Salah satu persiapan menghadapi era tersebut adalah siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah. Pada kenyataanya pembelajaran matematika di SD yang mengembangkan kemampuan masalah masih belum maksimal. Hal ini karena kurangnya perhatian guru dalam pengembangan kemampuan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Maka dari itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman anak sehingga siswa terlibat aktif dalam proses memecahkan masalah. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan pendekatan matematika realistic. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan matematika realistic terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V Sekolah Dasar di Tangerang. Jenis penelitian ini adalah experiment dengan menggunakan teknik simple random sampling yang telah dilakukan kepada 60 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis dengan uji Independent Samples Test, uji Mann Whitney-U dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan matematika realistik dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa dari pada yang diajarkan menggunakan metode konvensional dan terdapat pengaruh interaksi antara penerapan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Pemecahan Masalah,Sekolah Dasar

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Frida Destini
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:53
Last Modified: 11 Jun 2020 03:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22245

Actions (login required)

View Item View Item