Bahruzen, M. and Komarsyah, Dian and Nugeraha, Prasetya (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN PADA TOKO RITEL. Jurnal Perspektif Bisnis, 3 (1). pp. 33-43. ISSN 2338-1115

[img] Text
10

Download (3kB)
Official URL: http://jpb.fisip.unila.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, kualitas pelayanan, kelengkapan produk, dan harga terhadap minat pembelian ulang konsumen pada toko ritel. Sampel penelitian berjumlah 100 responden konsumen Toko Surya Gemilang yang ditentukan dengan purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji t, uji F, dan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, hanya variabel kualitas pelayanan dan harga yang memiliki pengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen. Namun, secara simultan, keempat variabel, yakni lokasi, kualitas pelayanan, kelengkapan produk, dan harga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen pada toko ritel. Adanya kesesuaian antara performa dari produk atau jasa (pelayanan) yang ditawarkan, dan jumlah alokasi daya beli konsumen terhadap suatu produk yang ditentukan oleh harga, lebih mendorong minat konsumen untuk melakukan pembelian kembali di waktu yang akan datang. Sehingga, harga dan kualitas pelayanan dapat membangun keunggulan kompetitif bagi toko ritel untuk bersaing, dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian ulang.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Bisnis
Depositing User: Dr. Kussuyatmono Bagus Wardianto
Date Deposited: 03 Jun 2020 02:27
Last Modified: 03 Jun 2020 02:27
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21547

Actions (login required)

View Item View Item