Hidayani, Ria and Widyastuti, Widyastuti and Sutiarso, Sugeng (2020) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ALQURUN. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FKIP UNILA 2020, 16 JANUARI 2020, LAMPUNG.
|
Text
PROSIDING SEMNAS FKIP 2020_Ria_Widyastuti-compressed.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran alqurun teaching model ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini ialah the randomized posttest-only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Dengan menggunakan uji-t dengan α = 0,05 dan uji proporsi. Hasil uji hipotesis menunjukkan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada kelas alqurun teaching model lebih tinggi daripada siswa pada kelas konvensional, tetapi proporsi siswa dengan kemampuan representasi matematis dengan nilai minimum 72 tidak lebih dari 60% jumlah siswa yang mengikuti alqurun teaching model. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa alqurun teaching model tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | WIDYASTUTI |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 01:02 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 01:02 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21381 |
Actions (login required)
View Item |