Sriwahyuni, Indah and Bharata, haninda and Widyastuti, Widyastuti (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FKIP UNILA 2020, 16 JANUARI 2020, LAMPUNG.

[img] Text
PROSIDING SEMNAS FKIP 2020_Indah_Widyastuti-compressed.pdf

Download (351kB)
Official URL: http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/2019/08/14/pros...

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan hal yang penting dan harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah adalah problem based learning (PBL) karna dapat membiasakan siswa terampil dalam menghadapi dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematissiswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 1 TumijajarKabupaten Tulang Bawang Baratsemester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 dan kelas XI IPA 6 yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini ialah the randomized posttest onlycontrol group design.Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan diuji menggunakan uji-t dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model PBLberpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: WIDYASTUTI
Date Deposited: 02 Jun 2020 01:02
Last Modified: 02 Jun 2020 01:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21376

Actions (login required)

View Item View Item