Alben Ambarita, Alben and Darsono, Darsono and rochmiyati, rochmiyati and septiawan, Dodo (2019) Pembentukan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SD melalui Hybrid Learning pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3 (2). pp. 68-81. ISSN P-ISSN. 2622-5069, E-ISSN. 2579-3403

[img] Text
Pembentukan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SD.pdf

Download (567kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kesiapan guru, pelaksanaan, kemampuan mengatasi kendala, dan tindak lanjut mengikuti hybrid learning kegiatan PPG SD Dalam Jabatan dalam pembentukan kompetensi pedagogik dan profesional guru sekolah dasar. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif fenomologi, dengan rancangan studi kasus yaitu mendeskripsikan dan menganalisis kegiatan hybrid learning dalam PPG Dalam Jabatan Guru Sekolah Dasar tahun 2019. Analisis data merujuk teori Miles dan Huberman (1994) dilakukan secara interaktif melalui proses: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data (data reduction), (3) penyajian data (data display), dan (4) penarikan kesimpulan serta verifikasi (conclusion drawing and verification) yang dilakukan selama dan setelah pengumpulan data, berdasarkan temuan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta PPG SD Dalam Jabatan (1) memiliki kesiapan administrasi dan persyaratan akademik yang ditentukan, (2) dapat mengikuti pelaksanaan daring hybrid learning dengan baik, (3) dapat mengatasi kendala daring melalui kerjasama dengan peserta lainnya, dan (4) dapat menindaklanjutkan kegiatan lokakarya di LPTK Kata kunci: kompetensi pedagogik; kompetensi profesional; hybrid learning

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: ALBEN AMBA
Date Deposited: 01 Jun 2020 05:44
Last Modified: 01 Jun 2020 05:44
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21329

Actions (login required)

View Item View Item