Rustamaji, Heri and Hanif, Muhammad and Hermida, Lilis and Agustian, Joni Bimbingan Teknis Penguasaan Perangkat Lunak Aspen Plus® Kepada Operator Proses untuk Optimasi Proses dan Efisiensi Energi di Biodiesel Plant PT. Tunas Baru Lampung Tbk. Bandar Lampung. In: SEMNAS FEB 2019, 24 Oktober 2019, Hotel Horison Lampung.

[img]
Preview
Text
14.-Heri-Rustamaji-Bimbingan-Teknis-Penguasaan-Perangkat-Lunak-Aspen-Plus®-Kepada-Operator-Proses-untuk-Optimasi-Proses-dan-Efisiensi-Energi-di-Biodiesel-Plant-PT.-Tunas-Baru-Lampun.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview

Abstract

Efisiensi dan produktivitas operasional pabrik yang baik merupakan kunci dalam menghadapi kompetisi bisnis dan keberlanjutan (sustanability) suatu pabrik. Faktor yang sangat menentukan operasional pabrik antara lain kemampuan atau keterampilam operator proses dan kehandalan peralatan pabrik. Dalam rangka meningatkan keterampilan operator terhadap filosofi proses di pabrik dan kemampuan melakukan optimasi peralatan pabrik secara off line, perlu dilakukan pelatihan atau On Training Simulation (OTS). Kegiatan PKM dilaksanakan di PT. Tunas Baru Lampung (TBK) unit Pabrik Biodiesel yang mengolah minyak sawit murni menjadi biodiesel dengan kapasitas 300 ribu ton per tahun. Kegiatan diawali dengan sosialisasi program dengan kunjungan ke pabrik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajarkan penggunaan Aspen Plus® kepada operator proses untuk melakukan simulasi, optimasi dan analisis peralatan pabrik guna meningkatan kualitas dan kuantitas produk serta efisiensi energi operasional pabrik. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengam metode pengajaran, simulasi dan demonstrasi dengan komputer serta diskusi. Evaluasi dilakukan dengan memberikan pre test dan post test kepada peserta terhadap pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan tingkat keberhasilan yang baik dengan indikasi kesesuaian materi dengan kebutuhan operator proses, respon yang positif dari peserta, peserta memahami prinsip kerja dari unit operasi yang diberikan, mampu mengoperasikan perangkat lunak Aspen Plus, mampu menyelesaikan simulasi permasalahan yang diberikan melalui evaluasi di akhir pelatihan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Hanif
Date Deposited: 01 Jun 2020 00:56
Last Modified: 01 Jun 2020 00:56
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21319

Actions (login required)

View Item View Item