Rahman, Bujang (2014) KEMITRAAN ORANG TUA DENGAN SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. KEMITRAAN ORANG TUA DENGAN SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA, 4 (2). pp. 119-221. ISSN 2087-9849

[img]
Preview
Text
2. Bujang Rahman.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Kemitraan Orang Tua dengan Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Sejumlah penelitian multidisiplin mengenai peran keterlibatan orang tua di sekolah cenderung meningkat. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan di sekolah dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kompetensi siswa tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterlibatan orang tua di sekolah berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 30 SD di Kota Metro dilibatkan dalam penelitian ini. Subyek penelitian terdiri dari orang tua yang diwakili oleh komite sekolah beserta kepala sekolah yang digali informasinya untuk memberikan deskripsi mengenai keterlibatan dan harapan orang tua pada kegiatan sekolah. Ini hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua melalui komite sekolah dapat memberikan pengaruh terhadap luaran kompetensi pengetahuan, sikap, dan ketrampilan siswa sebagai hasil dari program sekolah yang efektif. Keberagaman bentuk dan pola keterlibatan orang tua di sekolah dalam membentuk ketiga kompetensi tersebut perlu digali lebih lanjut. Kata kunci : hasil belajar, kemitraan, kompetensi, orang tua

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Prof. Bujang Rahman
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:38
Last Modified: 22 Jul 2016 03:38
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item