Puspitaningtyas, Angela Merichi Ayu and Kadaritna, Nina and Tania, Lisa (2019) Efektivitas Model PLGI untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Garam Menghidrolisis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2). pp. 240-254. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
18922-43451-1-PB.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK

Abstract

This study was aimed to describe the effectiveness of the PLGI model to improve concepts mastery of students on hydrolyzing salt topics. The method in this study was quasi-experiment, a purposive sampling technique was used in determining the samples thus XI MIPA 1 was chosen as an experiment class and XI MIPA 2 was a control class. The data analysis technique uses the non-parametric statistical test, the Mann-Whitney U test. Based on the results of statistical calculation that the average concepts mastery n-gain of the experimental class was 0.76 and the average n-gain control class was moderate, 0.47. The Mann-Whitney U test result showed a significant difference between the average n-gain in the experimental class and the control class with a significant value of 0.000. Based on the results of these studies it can be concluded that the PLGI model is effective to improve the mastery of the concepts of hydrolyzing salt topic. Keywords: hydrolyzing salt, PLGI model, concepts mastery Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model PLGI untuk meningkatkan penguasaan konsep oleh siswa pada materi garam menghidrolisis. Desain dalam penelitian ini adalah quasi experiment, pengambilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil dari perhitungan statistik rata-rata n-gain penguasaan konsep kelas eksperimen berkriteria tinggi yaitu 0,76 dan rata-rata n-gain kelas kontrol berkriteria sedang yaitu 0,47. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-gain pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikannya 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model PLGI efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: garam menghidrolisis, model PLGI, penguasaan konsep

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LISA TANIA
Date Deposited: 29 May 2020 19:10
Last Modified: 29 May 2020 19:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21105

Actions (login required)

View Item View Item