Oktiani, Hestin and Gunawibawa, Eka Yuda and Teguh Budi Raharjo, tbr (2020) Pelatihan Digital Parenting melalui Pemanfaatan Aplikasi Parenting Tools sebagai Upaya Pencegahan Media Addiction (Kecanduan Media) pada Anak dan Remaja (Pelatihan dan Penyuluhan pada Guru dan Orang Tua Murid di Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung). Prosiding SNPPM UM Meto Ke-1 Tahun 2019 (https://snppm.ummetro.ac.id), 1 (1). pp. 360-365. ISSN 978-623-90328-2-1

[img] Text (Prosiding Semnas UM Metro)
360-365 Hestin Oktiani, Eka Yudha, Teguh Budi prosiding.pdf - Published Version

Download (611kB)
Official URL: https://snppm.ummetro.ac.id

Abstract

Konsumsi media dengan jumlah yang cukup banyak, dengan frekuensi cukup sering dan durasi cukup lama dapat menyebabkan addiction (kecanduan) pada anak dan remaja. Media yang saat ini sangat popular di kalangan anak dan remaja adalah internet. Berbagai layanan tersedia di internet, hal ini membuat anak dan remaja dapat bertahan berlama-lama mengakses internet. Oleh karena itu para orang tua, , perlu diberikan pengetahuan dan keterampilan pola asuh digital. Selain itu, para guru juga perlu diberikan kemampuan media literacy terutama keterampilan menggunakan parenting tools sehingga dapat menularkan keterampilan ini kepada orang tua murid atau anggota masyarakat yang lain melalui kegiatan-kegiatan sejenis. Dengan hal ini diharapkan penggunaan digital parenting tools dapat tersosialisasi dengan baik di kalangan orang tua yang memiliki anak remaja. Pemanfaatan keterampilan ini oleh orang tua diharapkan dapat menghindarkan anak dan remaja dari adiksi media dan dampak negatif konsumsi internet lainnya, seperti pornografi, kekerasan, bullying, bahkan human trafficking yang sering kali berawal dari penggunaan media sosial yang tidak terpantau.. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan digital parenting dengan memanfaatkan Aplikasi digital parenting tools. Namun perangkat ini masih minim diketahui dan dikuasai oleh para orang tua, sehingga kegiatan ini menjadi sangat penting dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahun dan memberikan keterampilan pada guru dan orang tua untuk mengaplikasikan aplikasi tersebut. Kegiatan diikuti oleh 44 peserta aktif. Penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan telah mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam kisaran 30%-85% terutama pada aspek teknik aplikasi parenting tools.Para peserta tampak antusias mengikuti pelatihan. Adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan tersebut menunjukkan bahwa kegiatan ini telah berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi
Depositing User: Mrs. HESTIN OKTIANI
Date Deposited: 29 May 2020 10:17
Last Modified: 29 May 2020 10:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21049

Actions (login required)

View Item View Item